Satu Data UMKM 2022 Sentuh 89+ Ribu Jumlah UMKM di Indonesia Rilis Desember 2022

Satu Data UMKM 2022 Sentuh 89+ Ribu Jumlah UMKM di Indonesia Rilis Desember 2022

Smallest Font
Largest Font

Satu Data UMKM 2022 sudah Sentuh 89+ Ribu Jumlah UMKM di Indonesia Rilis Desember 2022, data ini terhitung hasil filter mulai tahun 2010 hingga 2022. Sumber: satudata.kemenkopukm.go.id

Kementerian Koperasi dan UKM mencatat, jumlah UMKM di Indonesia terus meningkat dari waktu ke waktu. Jumlahnya setara dengan 99,99% dari total usaha di Indonesia.

Indonesia memiliki UMKM terbanyak se-ASEAN

Dilansir dari Katadata, Menurut ASEAN Investment Report yang dirilis September 2022, Indonesia memiliki usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) terbanyak di kawasan ASEAN.

Sumber: https://databoks.katadata.co.id/

Laporan tersebut mencatat jumlah UMKM di Indonesia pada tahun 2021 mencapai sekitar 65,46 juta unit. Jumlah ini jauh lebih tinggi dibanding negara-negara tetangga seperti terlihat pada grafik.

Pada 2021 satu data UMKM Indonesia tercatat mampu menyerap 97% tenaga kerja, menyumbang 60,3% terhadap Produk Domestik Bruto (PDB), serta berkontribusi 14,4% terhadap ekspor nasional.

Proporsi serapan tenaga kerja UMKM Indonesia itu merupakan yang paling besar di ASEAN. Di negara-negara tetangga, UMKM hanya menyerap tenaga kerja di kisaran 35%-85%.

Tapi, jika dilihat dari kinerjanya, Indonesia masih kalah dari Myanmar yang UMKM-nya mampu menyumbang hingga 69,3% terhadap PDB setempat.

Satu data UMKM Indonesia juga tertinggal dibanding data UMKM Singapura yang kontribusi ekspornya mencapai 38,3%, Thailand 28,7%, Myanmar 23,7%, dan Vietnam 18,7%.

Adapun saat ini pemerintah Indonesia tengah berupaya mendorong peningkatan kinerja UMKM nasional, salah satunya lewat strategi digitalisasi.

Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=uGBNgnRr5zo

Target 14,5juta Data UMKM 2022

Dilansir dari SMESCO, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menargetkan dapat mengumpulkan sebanyak 14,5 juta data Koperasi dan UMKM di tahun 2022 dan 65 juta data Koperasi dan UMKM di tahun 2024.

Sebagai upaya membangun basis data tunggal koperasi dan UMKM, Kementerian Koperasi dan UKM melaksanakan program Pendataan Lengkap Koperasi dan UMKM 2022 (PL-KUMKM2022).

PL-KUMKM2022 ini diharapkan mampu menjadi basis data tunggal Koperasi dan UMKM yang akurat, mutakhir, dan terpadu.

Baca juga: Peluang Usaha 2022 UMKM Naik Kelas, TOP Trending Bisnis 2023!

Berikut kriteria-nya:

  • Diutamakan yang memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB)
  • Sektor Usaha Non Pertanian
  • Memiliki tempat usaha menetap. Yang memiliki ciri penggunaan bangunan khusus usaha atau campuran (bangunan sebagian digunakan untuk kegiatan usaha dan sebagian lagi untuk kegiatan lain)

Tujuan-nya:

  • Data pelaku usaha, unit usaha/perusahaan menurut wilayah maupun lapangan usaha
  • Penggunaan tenaga kerja
  • Informasi pasokan dan pasar
  • Struktur pendapatan dan pengeluaran usaha/perusahaan
  • Gambaran permodalan, prospek, dan kendala usaha/perusahaan
  • Penggunaan internet dalam kegiatan usaha (online), sistem waralaba (franchise) dan kepemilikan unit usaha/perusahaan (ownership).

Kendala & Upaya Peningkatan Usaha UMKM

Peningkatan jumlah UMKM ini berdampak besar bagi perekonomian Indonesia. Mulai dari penyerapan tenaga kerja lebih dari 97 persen, hingga peningkatan produk domestik bruto (PDB) yang cukup besar, yaitu mencapai 61,97 persen.

Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal I/2022 sebesar 5,01 persen secara tahunan. Kondisi ini berbeda dibandingkan kuartal I/2021 yang pada saat itu hanya sebesar 0,7 persen. Pertumbuhan positif tersebut sejalan dengan membaiknya perekonomian setelah pandemi Covid-19.

Permasalah dan Kendala yang sering ditemui UMKM

Meski demikian, ada banyak permasalahan dan kendala yang sering dialami UMKM. Jika tidak diatasi, maka UMKM yang sedang tumbuh bisa saja kalah bersaing, stagnan, atau bahkan gulung tikar.

Permasalahan yang dialami itu sangat beragam, mulai dari kesulitan dalam pengurusan perizinan, sulitnya akses permodalan, strategi pemasaran, distribusi barang, hingga optimalisasi platform digital.

Baca juga: Start-up Asuransi Tunjangan Kesehatan Karyawan Korporasi

Upaya yang Diperlukan

Banyak upaya yang bisa UMKM lakukan untuk dapat keluar dari permasalahan tersebut, diantaranya ialah dengan mengikuti berbagai pelatihan, berdiskusi dengan sesama pelaku usaha, atau membaca jurnal/artikel terbaru mengenai dunia usaha.

Smesco Indonesia sebagai badan layanan umum (BLU) memiliki tugas untuk memberikan dukungan layanan pemasaran kepada UMKM Indonesia, salah satu strateginya ialah dengan menyiapkan UMKM masa depan (Future SME) yang berdaya saing tinggi.

Pelaku UMKM dapat memberitahukan berbagai permasalahan yang dihadapi dan apa yang dibutuhkan dengan mengisi survei Preferensi Kebutuhan KUKM Masa Depan terhadap Perkembangan Dunia Usaha.

Silahkan untuk mengisi survei ini sekarang!

Sehingga, dapat semakin menumbuhkan dan mengembangkan UMKM masa depan yang dapat masuk ke rantai pasok baik nasional maupun global.

Data Statistik UMKM 2010 s/d 2022

Data Strategi Pemasaran UMKM secara Digital tergolong Masih Minim

Sumber : Kemenkop UKM

Strategi Pemasaran UMKM berdasarkan data kemenkop UKM ini masih didominasi Strategi NON Digital yakni sebesar 60%, sedangkan Metode Pemasaran dengan teknologi Digital atau E-commerce sebesar 16% dari total satu data umkm 2022.

Saatnya UMKM Optimalkan Bisnis melalui Go Digital!

Butuh bantuan dan dukungan untuk memasarkan produk atau jasa bisnis anda, Silahkan konsultasikan sekarang di WBS Indonesia, Agensi Digital Marketing terpercaya dan terjangkau untuk kemajuan UMKM di Indonesia.

Obrolin Kebutuhan Bisnis Anda Sekarang !

Sukses dan Maju Terus UMKM Indonesia!

Ayo #UMKMBisa #UMKMNaikkelas

Sumber Referensi:

  • https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/10/11/indonesia-punya-umkm-terbanyak-di-asean-bagaimana-daya-saingnya
  • https://smesco.go.id/berita/pl-kumkm2022-ditargetkan-menyentuh-14-5-juta-kumkm
  • https://smesco.go.id/berita/pengembangan-dan-peningkatan-usaha-umkm

Baca Juga: Digital Marketing: Arti, Jenis, Manfaat, Contoh, dan Strategi Digital Marketing UMKM

Editors Team
Daisy Floren
Daisy Floren
Romi Author

What's Your Reaction?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow