Domain Authority: Cara Hitung hingga 8 Top Manfaatnya Untuk Peringkat Website

Domain Authority: Cara Hitung hingga 8 Top Manfaatnya Untuk Peringkat Website

Smallest Font
Largest Font

Domain Authority: Apa itu Otoritas Domain dan mengapa itu penting untuk website? serta bagimana cara perhitungan otoritas tersebut dan menfaatnya untuk website anda di mesin pencari. Simak terus artikel lengkap ini sampai habis yaa…:)

Apa itu Domain Authority?

Domain Authority yang disingkat DA, dalam bahasa indonesia disebuat Otoritas Domain (OD) adalah skor peringkat mesin pencari yang dikembangkan oleh Moz yang memprediksi seberapa besar kemungkinan sebuah situs web mendapat peringkat di halaman hasil mesin pencari (SERP). Skor Otoritas Domain berkisar dari satu hingga 100, dengan skor yang lebih tinggi sesuai dengan kemungkinan peringkat yang lebih besar.

Jadi bisa disimpulkan Domain Authority (DA) adalah skor peringkat search engine yang dikembangkan oleh Moz untuk memprediksi seberapa baik peringkat website di SERP (Search Engine Result Page).

Otoritas Domain didasarkan pada data dari Link Explorer web index MOZ dan menggunakan lusinan faktor dalam perhitungannya. Perhitungan Otoritas Domain menggunakan model Machine Learning untuk secara prediktif menemukan algoritma yang paling cocok dan paling erat menghubungkan data link moz dengan peringkat di ribuan hasil pencarian aktual yang digunakan moz sebagai standar untuk diukur.

Baca Juga : Apa 5 Peran SEO di Dunia Pemasaran Digital?

8 Manfaat Domain Authority Tinggi

6degreesit.com

Manfaat paling menarik dari domain authority adalah memberi Anda peringkat tinggi. Disebutkan di bawah ini adalah beberapa manfaat lain dari otoritas domain dalam optimasi mesin pencari.

  • Situs anda akan mendapatkan peningkatan peringkat di posisi SERP.
  • Situs anda akan menarik guest posts dan komentar tamu.
  • Menarik pengiklan dalam skala besar.
  • Menarik minat sponsored post.
  • Akan ada peningkatan dalam penjualan afiliasi.
  • Traffic website juga akan meningkat karena website memperoleh ranking teratas di SERP.
  • Menarik orang untuk memasang backlink ke situs anda dengan sukarela.
  • Dengan Domain website skor DA bagus bisa dijual dengan harga tinggi.

itulah beberapa aspek terpenting dalam SEO dalam hal peringkat di kompetisi tinggi. Jika Anda benar-benar ingin mendapatkan peringkat yang lebih tinggi di mesin pencari maka inilah saatnya untuk aktif di domain authority. Anda akan mendapatkan banyak manfaat dengan menautkan ke domain authority.

Karena itu, mulailah bekerja di situs web dan otoritas domain Anda untuk mendapatkan peringkat dan lalu lintas yang lebih tinggi.

Cara Hitung Domain Authority

Otoritas Domain dihitung dengan mengevaluasi beberapa faktor, termasuk menautkan domain root dan jumlah total backlink, ke dalam satu skor DA. Skor ini kemudian dapat digunakan saat membandingkan situs web atau melacak “kekuatan peringkat” situs web dari waktu ke waktu.

Sejak pembaruan Domain Authority 2.0 di awal 2019, penghitungan skor DA domain berasal dari prediksi algoritme machine learning tentang seberapa sering Google menggunakan domain tersebut dalam hasil penelusurannya. Jika domain A lebih mungkin muncul di SERP Google daripada domain B, maka DA domain A lebih tinggi daripada DA domain B.

Download lengkap panduan perhitungan domain authority yang dilakukan MOZ berikut:

Karena Domain Authority (DA) didasarkan pada perhitungan pembelajaran mesin, skor situs Anda akan sering berfluktuasi karena lebih banyak, lebih sedikit, atau titik data yang berbeda tersedia dan dimasukkan ke dalam perhitungan tersebut. Misalnya, jika facebook.com memperoleh satu miliar tautan baru, setiap DA situs lain akan turun relatif terhadap Facebook.

Karena domain yang lebih mapan dan otoritatif seperti Facebook akan memiliki profil tautan yang semakin besar, mereka mengambil lebih banyak slot DA tinggi, menyisakan lebih sedikit ruang di ujung skala yang lebih tinggi untuk domain lain dengan profil tautan yang kurang kuat.

Oleh karena itu, meningkatkan skor Anda dari 20 menjadi 30 secara signifikan lebih mudah daripada meningkatkannya dari 70 menjadi 80. Untuk alasan ini, penting untuk menggunakan Otoritas Domain sebagai metrik komparatif daripada metrik absolut.

Cara Cek Domain Authority

Untuk mengecek DA, Kunjungi situs resmi moz dan klik menu Moz’s Link Explorer, Masukkan URL situs web pada kolom analisis. Lalu, klik Analisis. nah sekarang bisa melihat skor DA di kolom gambaran umum.

Berapa skor Domain Authority yang baik atau setidaknya dalam hitungan rata-rata?

Dilansir oleh moz.com , Situs dengan jumlah yang sangat besar dari backlink eksternal berkualitas tinggi (seperti wikipedia.com atau google.com) berada di peringkat atas skala domain authority, sedangkan usaha kecil dan situs web dengan tautan masuk yang lebih sedikit mungkin memiliki skor DA yang jauh lebih rendah.

Menjelajahi daftar 500 situs teratas Moz di web dapat membantu Anda memahami dampak Otoritas Domain dan metrik berbasis backlink lainnya terhadap peringkat dan popularitas situs.

Situs web baru akan selalu dimulai dengan skor Otoritas Domain satu, dan skor itu akan meningkat seiring situs tersebut menghasilkan lebih banyak backlink otoritatif dari waktu ke waktu.

Karena Domain Authority adalah prediktor kemampuan situs untuk menentukan peringkat dalam lanskap kompetitifnya yang unik, Anda tidak boleh memilih DA target Anda dalam ruang hampa.

Lihatlah skor DA situs kompetitor anda secara langsung di SERP dan tuju skor yang lebih tinggi daripada pesaing Anda. DA paling baik digunakan sebagai metrik komparatif saat menyelidiki situs dalam SERP target Anda yang mungkin memiliki profil tautan yang lebih kuat daripada Anda — pesaing sejati Anda. Karena metriknya relatif, tidak ada skor Otoritas Domain yang benar-benar “baik”, “rata-rata”, atau “buruk”; hanya ada skor yang “baik”, “rata-rata”, atau “buruk” dalam konteks lanskap persaingan tertentu.

Menang dalam SEO seperti memenangkan perlombaan mobil. SEO On-Page Anda adalah mobil Anda, dan tautannya adalah gas Anda dimasukkan ke dalamnya. Jika Anda tidak membuat mobil yang bagus, itu tidak akan pergi ke mana pun meskipun menggunakan bahan bakar terbaik.

Pelajari apa saja 13 Indikator Utama Cara Meningkatkan SEO Website bisnis anda tidak mengecewakan dan pastinya website usaha menjadi Top Rangking di SERP Google Indonesia.

Semoga bermanfaat !

Editors Team
Daisy Floren
Daisy Floren
Romi Author

What's Your Reaction?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow