15 Penalti Google dan Tips Pemulihan Website – SEOTips 2023

15 Penalti Google dan Tips Pemulihan Website – SEOTips 2023

Smallest Font
Largest Font

Penalti Google sangat menyakitkan bagi pemilik situs web, terutama bagi pemilik website / owner maupun digital marketer yang mengandalkan pencarian organik untuk memperoleh pendapatan, penjualan, maupun trafik kunjungan.

Panduan ini mengumpulkan semua alasan utama untuk penalti algoritma dan manual Google, memberikan saran pemulihan, dan tindakan pencegahan.

Pengertian Google Penalty

Google penalty adalah sanksi yang dikenakan oleh Google pada situs web karena praktik SEO yang buruk. Ini mengarah pada peringkat organik yang lebih rendah dan visibilitas online atau bahkan penghapusan total halaman situs dari hasil pencarian (atau SERP). Sanksi Google dapat diterapkan pada tingkat query terpisah (sekelompok query), URL terpisah (beberapa URL, direktori utama, subdomain, dll.), atau sitewide.

Klasifikasi Penalti Google

Sanksi Google dapat diklasifikasikan sebagai berikut:

1. Sanksi manual

Manual Penalty diterapkan oleh karyawan Google dan memerlukan perbaikan dan permintaan pemikiran ulang.

2. Sanksi algorithmic

Penalti Google ini memerlukan perbaikan yang akan mengarah pada peningkatan secara otomatis ketika Googlebot mengunjungi halaman Anda; sanksi algoritmik terkenal terjadi karena penguin, panda, intrusive interstitials, dan peningkatan pengalaman halaman.

Google Penalty Berdasarkan lingkup dampak:

1. Downranking

Sanksi ini mengarah pada penurunan peringkat dan kehilangan trafik situs untuk semua query pada halaman yang terpengaruh.

2. Delisting

Semua URL dikeluarkan dari indeks Google, yang dapat Anda cek dengan menjalankan pencarian site:; tidak akan ada URL Anda dalam hasil pencarian.

Google memantau kualitas pencarian dengan bantuan algoritma dan pemeringkat kualitas manusia. Selain itu, ada alat bagi siapa saja untuk melaporkan konten berbahaya, phishing, tautan bayar, atau konten spam.

Jika Anda melakukan SEO hitam atau abu-abu dan mendapat sanksi, sangat penting untuk memperbaiki masalah tersebut. Bahkan jika hanya sebagian halaman Anda yang terpengaruh, otoritas domain secara keseluruhan akan menurun, dan akan kesulitan untuk mendapatkan peringkat di hasil pencarian google Search Indonesia.

Namun, bahkan setelah Anda menghapus konten atau tautan yang menyebabkan sanksi dari Google, ini tidak menjamin bahwa semua peringkat Anda akan dipulihkan ke peringkat yang lebih baik sebelum sanksi.

Jadi, lebih baik aman daripada menyesal – cek mengapa sanksi Google bisa terjadi dan mencegahnya.

Bagaimana Cara Mengetahui Website Terdampak Google Penalty?

Mengetahui apakah situs Anda dikenai sanksi oleh Google sangat mudah. Cek kotak Aksi Manual di Google Search Console. Pada situs yang sehat, Anda akan melihat pernyataan bahwa semuanya baik-baik saja. Untuk mengetahui apakah ada pemberitahuan sanksi di masa lalu, Anda dapat memeriksa pesan di bawah ikon bell di sudut kanan atas.

Sayangnya, Anda akan melihat pemberitahuan sanksi merah yang menyatakan masalah apa yang terdeteksi.

Seperti biasanya dalam hal tindakan manual, para ahli SEO tahu siapa yang harus disalahkan. Masalah dapat terjadi karena tautan berbayar, pengisian kata kunci, konten yang dibuat secara otomatis – apapun yang ditambahkan ke halaman dengan sengaja untuk memanipulasi peringkat.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk pulih dari Penalti Google?

Pemulihan dari sanksi manual google tergantung pada setiap kasus tertentu, tingkat kesulitannya dan jenis perbaikan yang harus dilakukan. Bisa saja membutuhkan waktu dari beberapa minggu hingga beberapa bulan untuk situs pulih kembali.

Pemberitahuan hukuman dalam Google Search Console biasanya memberikan petunjuk tentang masalah yang ada dan bagaimana digital marketer melanggar Essentials Pencarian Google (sebelumnya Google Webmaster Guidelines). Namun, spesialis SEO membutuhkan waktu untuk pertama kali dalam menyelidiki masalah yang terjadi secara detail.

Kemudian, SEO Specialist akan mengirimkan permintaan untuk meninjau hukuman dalam Search Console. Dan akan membutuhkan waktu bagi Google untuk mempertimbangkan permintaan, jadi lebih baik membuatnya sederhana.

Tips Permintaan Peninjauan yang baik, sebagai berikut:

Menjelaskan masalah dengan tepat yakni;

Menjelaskan langkah-langkah yang telah diambil untuk memperbaikinya Menunjukkan hasil upaya Anda Kemudian, Google Search Console akan menunjukkan pesan status tinjauan untuk memberi tahu apakah permintaan Anda dipertimbangkan dan hukuman dicabut.

Kebanyakan permintaan yang diajukan ke Google disetujui atau ditolak.

Terkadang, pesan menunjukkan bahwa permintaan sedang diproses, dan sanksi google tetap lainnya untuk beberapa pelanggaran lain yang belum diperbaiki.

Dengan hukuman algoritmik, hal-hal kurang jelas karena kadang-kadang sulit untuk mengidentifikasi ketika hukuman tertentu sedang berlangsung. Anda akan perlu terlebih dahulu melakukan audit situs dan konten untuk mengetahui penyebab.

Pembaruan Google sering menyebabkan masalah peringkat.

Ketika peringkat Anda tidak kembali dalam waktu singkat setelah pembaruan, mungkin itu adalah hukuman algoritmik yang diterapkan karena masalah tertentu pada situs web.

Seperti yang dikatakan John Mueller dalam jam kerja SEO Google:

Lebih baik untuk membersihkan konten berkualitas rendah atau spam yang mungkin telah dibuat sebelumnya. Untuk tindakan algoritma, bisa memakan waktu beberapa bulan bagi kami untuk mengevaluasi situs Anda kembali untuk menentukan bahwa itu tidak lagi spam.

John Mueller

Menurut Google, jika sebuah situs kehilangan peringkat setelah update inti, hal ini mungkin terkait dengan masalah E-E-A-T.

Artinya, situs tersebut umumnya kekurangan otoritas, keahlian, kepercayaan, atau pengalaman. Dan membangun sinyal-sinyal ini bisa memakan waktu beberapa bulan.

Baca juga: Alih Profesi Baru yang Siap Kerja di tahun 2023

Penalti Google dan Tips Pemulihan

Mari kita lihat lebih dekat tentang praktik buruk yang dapat mengakibatkan sanksi Google dan mengapa Anda harus menghindarinya.

Studi Kasus: Menggunakan Aplikasi SEO Powersuite

SEO PowerSuite adalah set perangkat lunak SEO efektif paling lengkap yang memiliki setiap fitur untuk mencapai dan mempertahankan posisi teratas di setiap mesin pencari.

SEO Powersuite, Sumber: link-assistant.com

Alat SEO yang mudah digunakan, efektif dan andal.

1. Keyword stuffing

Keyword stuffing adalah teknik SEO kuno yang menyisipkan banyak kata kunci untuk membuat halaman terranking secara artifisial. Frasa kata kunci yang dipenuhi sering muncul pada halaman secara tidak alami atau diluar konteks, terkadang berbentuk daftar, dan ini merupakan faktor ranking SEO negatif yang dikonfirmasi.

Praktik Keyword stuffing sering dikaitkan dengan teknik SEO yang membingungkan, seperti cloaking, content spinning, dan sebagainya, yang seluruhnya adalah jalan pasti untuk sanksi.

Tips Cara Memperbaiki Keywords Stuffing

Algoritma Panda memberikan sanksi pada konten yang terlalu over optimasi, dan bukan menaikkan halaman yang dipenuhi, tapi justru sebaliknya. Saat Anda tahu bahwa tidak ada teknik black-hat yang dilakukan pada halaman Anda, maka tinjaulah dengan hati-hati konten Anda. Anda bisa meminta bantuan dari Content Editor untuk membuat halaman yang teroptimalkan dengan benar.

  • Gunakan kata kunci target hanya sekali pada judul, tag H1, dan tag meta deskripsi.
  • Gunakan Pertanyaan Terkait(Related questions), Orang Juga Tanya (People Also Ask), dan Alat Autocomplete untuk menemukan lebih banyak ide dan memperluas artikel Anda.
  • Bagikan kata kunci Anda secara merata melalui teks dan sesuaikan dengan konteks.
  • Gunakan sinonim, kata kunci long-tail, dan istilah yang diformulasikan ulang untuk menggantikan kata kunci yang sama.
  • Formatkan teks Anda dengan benar dengan heading dan paragraf; hapus penggunaan berlebihan bold, italic, dll.

2. Thin Content / Artikel Pendek

Konten pendek adalah konten yang memberikan sedikit artikel atau tidak ada nilai bagi pengguna. Tidak masalah memiliki beberapa halaman berkualitas buruk. Namun, jika sebuah situs memiliki banyak halaman yang tidak berguna bagi pengunjung, algoritma akan mempengaruhi peringkat situs anda.

Penyebab thin content atau konten artikel pendek bisa berbeda. Misalnya, sebuah situs dibuat dengan cepat dengan bantuan alat otomatis. Contoh lain adalah situs e-commerce dengan halaman produk pendek yang kurang memiliki deskripsi item secara detail. Situs afiliasi atau blog juga mungkin terlihat sebagai konten tipis ketika mereka kurang memiliki tanda E-E-A-T.

Cara Memperbaiki Konten Pendek

Pertama, identifikasi halaman dengan konten pendek. Cara paling mudah adalah menemukan halaman dengan jumlah kata yang rendah, yang mungkin berarti halaman itu memberikan sedikit nilai bagi pengguna.

Di WebSite Auditor pada aplikasi SEO Powersuite, di modul Site Audit, filter Semua Halaman dengan Word count dan periksa setiap halaman artikel dengan jumlah kata yang paling sedikit. Sebenarnya, tidak ada rentang yang ketat untuk jumlah kata ideal: tergantung pada tipe halaman dan tujuan yang dibuat.

Kedua, temukan posting blog yang ditulis buruk yang tidak membawa nilai apapun. Misalnya, di Google Analytics, carilah halaman yang tidak membawa lalu lintas organik atau memiliki tingkat pengembalian tertinggi (high bounce rate).

Tulislah ulang halaman yang terpengaruh dengan syarat yang memenuhi yang bermanfaat bagi pengunjung. Ikuti saran optimasi dari bagian Content Audit.

Anda juga dapat menggunakan Content Editor di sini untuk menemukan topik terkait populer dan pertanyaan yang sering diajukan yang menambahkan informasi lebih banyak ke topik Anda. Di antara hal lain, alat ini menunjukkan jumlah kata minimal dan maksimal pada halaman ranking terbaik untuk query target Anda.

3. Minim Info tentang Situs Afiliasi

Masalah dengan situs afiliasi adalah bahwa terkadang affiliator hanya menyalin link afiliasi dari situs penjual, namun tidak memberikan nilai bagi pengguna. Mesin pencari, menemukan situs bertemplate serupa, menggabungkannya dan menempatkan peringkat yang utama di antara afiliasi.

Cara Memperbaikinya:

Jika Anda melakukan pemasaran afiliasi, tetap pada praktik terbaik:

  • Berikan deskripsi lengkap produk dan jelaskan pengalaman unik Anda untuk mencakup topik secara mendalam.
  • Tambahkan kelebihan dan kekurangan
  • Tambahkan tangkapan layar dan video berkualitas yang melengkapi informasi Anda.
  • Kembangkan topik otoritas tinggi. Misalnya mencakup topik yang lebih relevan untuk mengembangkan keahlian Anda.
  • Gunakan Rank Tracker Powersuite untuk menemukan lebih banyak kata kunci yang berhubungan dengan volume tinggi dan pertanyaan populer yang diajukan bersama dengan query utama Anda.
  • Bangun tautan berkualitas dari sumber yang terpercaya.

4. Konten Duplikat

Menurut Google: “Duplikasi konten tidak memiliki hukuman atau sanksi penalti secara langsung“.

Masalah dengan duplikasi konten atau artikel adalah membuang anggaran untuk crawling situs Anda. Mesin Bot mungkin bingung tentang URL mana yang harus ditampilkan kepada pengguna. Hal ini menyebabkan halaman yang tidak perlu muncul dalam pencarian, pengunjung merasa tidak puas, dan akibatnya peringkat situs web dan trafik terpengaruh.

Untuk duplikasi konten eksternal, Google memberikan sanksi atau hukuman pada konten yang diambil atau diterbitkan dengan konten yang sama yang diambil dari sumber situs website aslinya.

Untuk mencegah Sanksi Konten Duplikat / Plagiat, pastikan:

  • Tetapkan Versi domain kanonis dari website anda (versi www atau non-www). Anda bisa memeriksa pengaturan di modul Site Audit di Website Auditor.
  • Sistem manajemen konten Anda tidak harus menghasilkan duplikat secara otomatis; konsultasikan Site Audit untuk menemukan URL duplikat dan hilangkan jika ada.
  • Implementasikan varian bahasa di halaman website Anda dengan bantuan alat generator hreflang di WebSite Auditor.
  • Perhatikan pagination dan halaman pencarian internal (ini adalah posting tentang praktik terbaik pagination).
  • Untuk situs e-commerce, implementasikan struktur situs yang tepat dan optimalkan halaman produk.
  • Untuk masalah konten duplikat eksternal, pemilik situs web harus bekerja untuk meningkatkan sinyal E-E-A-T di website sehingga meningkatkan brand awareness.
  • Untuk masalah pembajakan, Anda bisa mengajukan laporan pelanggaran hak cipta ke Google.

5. Konten Spamming Otomatis

Pembuatan konten artikel yang Spamming atau biasa disebut Spammy auto-generated content adalah isi yang dibuat secara programatis dan kurang koheren atau hanya memberikan sedikit nilai bagi pengguna (pembaca).

Isi konten seperti ini dibuat hanya untuk memanipulasi peringkat mesin pencari, tak heran Google telah berkonsentrasi pada menghapus spam dari hasil pencarian (SERP).

Contoh isi konten otomatis yang spam yang mungkin mendapatkan penalti Google antara lain:

  • Teks yang diperoleh dari mengambil feed atau hasil pencarian
  • Kalimat yang tidak penting yang berisi kata kunci pencarian yang tersebar secara acak
  • Konten artikel yang diterjemahkan secara otomatis tanpa tinjauan manusia
  • Artikel yang dibuat secara otomatis tanpa memperhatikan kualitas atau pengalaman pengguna
  • Konten yang dibuat dengan menggunakan sinonim, parafrasa, atau obfuskasi secara otomatis
  • Menyambungkan atau menggabungkan isi dari halaman web yang berbeda tanpa menambahkan nilai

Kisah dengan isi yang dibuat secara otomatis memiliki plot yang menarik setelah datangnya teknologi ChatGPT Open AI. Alat ini dapat menghasilkan teks yang bagus dan terlihat sangat mirip dengan isi yang ditulis oleh manusia. Tapi apakah ini memastikan bahwa isi otomatis seperti ini tidak akan diterima sebagai spam?

Ada dua masalah di sini.

Pertama, masih diragukan apakah kita bisa mengandalkan keakuratan isi yang dibuat oleh AI. Pertanyaannya adalah apakah editor situs yang mengandalkan pembuatan isi oleh AI akan memperhatikan verifikasi dengan seksama (terutama ini menyangkut fakta-fakta baru, tren baru, berita, atau hal-hal yang AI belum “tahu” dengan pasti).

Kedua, dengan tool Open AI, jumlah isi mungkin akan tumbuh eksponensial. Oleh karena itu, akan membutuhkan lebih banyak kapasitas untuk memprosesnya, dan Google harus menghadapi tantangan tersebut.

Solusi terbaik adalah:

Untuk membatasi halaman dengan konten otomatis yang mengakibatkan penalti Google, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan:

  1. Batasi halaman tersebut dari pengindeksan dengan menambahkan tag noindex dan hapus dari sitemap Anda.
  2. Bantu Google fokus pada halaman berkualitas tinggi: potong konten Anda untuk menggabungkan dan menghapus halaman berkualitas rendah.
  3. Edit dan buat ulang bacaan konten Anda untuk memastikan kualitas yang baik. Gunakan bantuan penulisan konten seperti Grammarly untuk spellchecking dan Content Editor untuk optimasi on-page.
  4. Pertimbangkan pengunjung sebenarnya dan tulislah untuk orang. Juga, tetap pada gaya menulis alami dan tonemu yang khas untuk membantu pengunjung terbiasa dengan suara merekmu.

6. Spam yang Dibuat Pengguna

Biasanya, spam pengguna muncul dalam komentar di bawah postingan blog, di forum, di akun media sosial populer, dll. Komentar seperti itu sering dibuat oleh tool otomatis hanya untuk memperoleh backlink SEO.

Spam yang dibuat pengguna merugikan kualitas situs karena memper sulit PageRank dan sering tidak relevan dengan konten utama. Terlalu banyak komentar seperti itu, maka dampaknya pada keseluruhan situs. Akhirnya, dapat mengarahkan website secara langsung terdampak terkena penalti Google.

Tips dan Cara Mengatasinya;

Jika Anda mendeteksi komentar tidak alami pada halaman website Anda, sebaiknya dihapus. Namun, lebih mudah mencegah spam daripada membersihkannya nanti. Beberapa platform atau website bahkan lebih memilih menutup bagian komentar jika mereka kekurangan sumber daya untuk memantaunya.

Akan tetapi, jika Anda membutuhkan komentar pada situs web Anda, ada beberapa praktik terbaik untuk mencegah spam yang dibuat pengguna:

  • Gunakan platform moderasi komentar seperti Disqus atau plugin seperti Akismet untuk WordPress untuk memfilter spam;
  • Selain itu, kebanyakan CMS memiliki fitur persetujuan komentar yang built-in yang bisa digunakan oleh situs web kecil.
  • Batasi kata-kata negatif pada media sosial dalam preferensi akun Anda. Tambahkan tag nofollow atau UGC (konten yang dibuat pengguna) pada komentar Anda, karena tag ini membuat pembangunan tautan untuk kepentingan SEO tidak bermakna.
  • Gunakan autentikasi dan CAPTCHA untuk pengguna untuk menambahkan konten pada platform Anda.
  • Tentukan kebijakan konten pengguna: untuk platform besar, kebijakan yang jelas dibutuhkan untuk moderasi konsisten.
  • Selain itu, ketika pengguna mengetahui kebijakan di website Anda, mereka akan kurang mungkin memanfaatkan platform.

7. Doorways

Pintu masuk (kadang-kadang disebut halaman lompatan atau jembatan) adalah teknik spamdexing di mana halaman antara dioptimalkan untuk meranking sebuah query yang mirip, namun tidak ada nilai manfaat pada link akhir yang dituju.

Dalam kata lain, ini adalah pintu yang memakan banyak kuantitas SERP dan mengalihkan pengguna ke satu situs web.

Dari deskripsi ini, pintu masuk yang benar-benar merugikan memenuhi kriteria berikut:

Beberapa domain atau halaman merangking dengan bantuan konten yang disalin dan stuffing kata kunci. Halaman tidak memberikan nilai dan berfungsi sebagai perantara yang mengarahkan pengunjung ke halaman lain.

Dengan kata lain, Halaman dibuat untuk mesin pencari, sehingga pengalaman pengguna diabaikan; URL tersebut terisolasi dan tidak dapat diakses dari navigasi situs web. Hadirnya Doorways ini akan mengganggu pengalaman pencarian dan membingungkan pengguna, sehingga mesin pencari berusaha menemukan dan membebankan mereka.

Solusi Mengatasi Doorways;

Untuk pintu masuk yang disengaja, satu-satunya tips terbaik adalah jangan melakukannya.

Jadi, jika Anda membuat halaman doorways dan terkena sanksi berupa penalti google, hapus setiap halaman tersebut dengan tag noindex dan hapus juga dari daftar sitemap website/blog anda.

Sebaliknya, buat konten bernilai yang sesuai dengan kebutuhan pengunjung dan terapkan semua praktik SEO terbaik untuk mendapatkan rangking tertinggi di Google Search.

Selain itu, audit link url redirect Anda untuk memastikan bahwa url tersebut membawa pengguna ke tujuan yang tepat. Anda dapat dengan cepat mendapatkan daftar semua redirect 301/302 Anda di bagian Site Audit di WebSite Auditor yang ada di aplikasi SEO Powersuite.

8. Teknik Cloaking

Cloaking adalah teknik SEO hitam lain dimana pengguna dan bot mesin pencari melihat konten yang berbeda pada halaman yang sama. Singkatnya, sebuah halaman bisa berada di peringkat pertama untuk satu set kata kunci, namun menampilkan sesuatu yang berbeda.

Metode cloaking lama adalah menyembunyikan kata kunci atau tautan pada halaman dengan bantuan warna, ukuran, gaya CSS, dll. Beberapa bentuk cloaking yang lebih canggih dilakukan dengan mengidentifikasi agen pengguna, IP, referer, dll., untuk menyajikan versi halaman yang berbeda kepada manusia dan Googlebot.

Karena cloaking melanggar Panduan Webmaster, ini bisa mengarah pada sanksi manual. Terkadang, halaman terselubung masih muncul dalam pencarian. Bagaimana bisa?

Tahun 2018 dan saat ini pada tahun 2023, Google mengkonfirmasi bahwa mereka bisa mengenali teks yang tidak terlihat dan mengabaikannya. Menurut John Mueller, jika halaman dengan teks tersembunyi berada di peringkat, mungkin karena alasan lain.

Dan eksperimen menunjukkan bahwa teks tersembunyi tidak akan meningkatkan peringkat untuk kata-kata yang tersembunyi, jadi sama sekali tidak berguna.

Ada kasus ketika menyajikan versi konten yang sedikit berbeda sesuai dan tidak dianggap sebagai cloaking. Misalnya, paywall, pada dasarnya, menunjukkan hal yang berbeda kepada pengguna dan mesin pencari. Google menyediakan panduan sampel yang fleksibel untuk konten paywalled dan mendukung data terstruktur untuk membedakannya dari cloaking.

Cara Pemulihan Teknik Cloaking;

Pertama-tama, di Google Search Console dimana website anda terdaftar, Anda bisa memeriksa halaman Anda dengan alat URL Inspection untuk memeriksa bagaimana Googlebot melihatnya.

Alternatif lain, gunakan WebSite Auditor Powersuite untuk menganalisis halaman Anda dan mendeteksi elemen yang tidak terlihat. Dalam Pengaturan Proyek lanjutan di Powersuite, Anda bisa memilih crawler Googlebot atau Googlebot-Mobile untuk memeriksa isi halaman Anda.

Mungkin lebih baik untuk meminta teknisi atau web administrator Anda untuk menemukan dan menghapus script yang tidak sesuai.

9. Tautan tidak alami

Selama lebih dari satu dekade, Google telah menemukan cara untuk memberikan sanksi berupa penalti google terhadap praktik backlink yang manipulatif – inilah bagaimana algoritma Penguin dan SpamBrain muncul.

atau Kemungkinan besar dari kita banyak mendengar dari berbagai praktisi SEO atau Digital Marketer khususnya di Indonesia, yang menyatakan bahwa tautan/backlink seperti itu dapat bekerja kok, baik melalui jasa backlink berbayar maupun tidak.

Untuk diketahui, Google mengatakan bahwa mereka dapat membedakan dan mengabaikan tautan buruk. Namun, pembaruan backlink spam memiliki potensi mendapatkan tindakan manual dari Google.

Oleh karen itu, Sebagai SEO Specialist terbaik mengingatkan kembali agar pemilik situs web perlu berhati-hati terhadap kualitas profil backlink dari situs mereka.

Berikut adalah daftar sinyal yang menunjukkan bahwa sebuah situs mungkin terlibat dalam praktik pembangunan tautan manipulatif:

  • Terlalu banyak backlink kembali muncul dengan cepat (yang mungkin berarti tautan tersebut buatan).
  • Banyak tautan tidak alami dari domain yang tidak relevan, misalnya jaringan blog berbayar (PBN), atau situs-situs backlink yang buruk.
  • Terlalu banyak tautan backlink keluar dari satu halaman yang dibalut dengan anchor text, berisilan keyword stuffing.

Solusi dan Cara Memperbaiknya;

Anda dapat menggunakan fitur SEO SpyGlass yang ada di tool SEO Powersuite untuk menilai tautan yang mengarah ke sebuah situs web anda dan mengevaluasi risiko potensial untuk menghindari hukuman atau penalti google. Selain itu, Anda dapat mengintegrasikan sumber tautan/backlink lain yang ada di akun Google Search Console anda.

Mulai dari Pemeriksaan backlink, mengevaluasi kualitas tautan dan menghitung skor Risiko penalti google dengan mempertimbangkan faktor seperti usia domain, anchor text, jumlah dan kualitas tautan masuk, tautan sitewide, Domain Authority (DA) atau Page Authority (PA), keanekaragaman IP, dll.

Jadi, untuk memperbaiki sanksi google untuk tautan yang meragukan, lakukan hal berikut:

  • Identifikasi tautan berbahaya; hubungi pemilik situs web dan minta mereka untuk menghapus tautan tersebut. Namun bila mereka yang melakukannya, Disavow / tolak tautan spam dengan alat Penolakan Google atau Google Disavow tool.
  • Lakukan pembangunan tautan backlink berkualitas menggunakan teknik SEO putih.
  • Perbaiki Link Anchor anda.
  • Selain itu, anda juga bisa menggunakan fitur yang memberi peringatan tentang backlink buruk di SEO Spyglass untuk memudahkan investigasi.

Mesin pencari seperti Google memperhatikan baik tautan masuk maupun tautan keluar. Menyebutkan sumber-sumber terpercaya dapat menjadi sinyal tambahan kepercayaan bagi orang.

Sementara itu, tautan keluar yang berlebihan (terutama dari direktori yang sama ke situs yang tidak relevan) mungkin menandakan bahwa situs tersebut sedang menjual backlink.

Jika Anda menemukan tautan keluar yang meragukan yang tidak relevan dengan konten, terlalu banyak, dll., tandai mereka sebagai nofollow atau hapus mereka.

Peru diingat! bahwa tidak ada masalah dengan menggunakan jasa backlink berbayar, tetapi dalam hal ini, Anda sebagai pemberi jasa backlink harus menandai klien anda sebagai konten bersponsor.

11. Penerapan Data Terstruktur yang Salah

Data terstruktur adalah alat yang kuat yang digunakan untuk meningkatkan hasil pencarian (SERP). Namun, kesalahan dalam data terstruktur, sengaja atau tidak sengaja, dapat menyebabkan sanksi manual dari Google.

Dokumentasi Google menyatakan bahwa tindakan manual data terstruktur berarti halaman kehilangan kelayakan untuk muncul sebagai hasil yang baik. Namun, Google baru-baru ini menjelaskan bahwa tindakan manual yang melibatkan data terstruktur juga dapat mempengaruhi peringkat.

Tidak selalu mudah untuk menentukan kesalahan skema karena bahkan jika alat pengujian data terstruktur memvalidasi tanda Anda, itu tidak berarti semuanya baik-baik saja.

Oleh karena itu, kesalahan tanda data terstruktur yang dapat mengakibatkan sanksi google termasuk yang berikut ini:

  • Tipe data terstruktur tidak sesuai dengan konten pada halaman, misalnya, perusahaan ditandai sebagai produk, resep yang tidak ditandai sebagai resep, dll.
  • Data terstruktur merujuk pada elemen tersembunyi.
  • Terdapat kesalahan dalam implementasi, misalnya beberapa bidang wajib hilang atau ada kesalahan ejaan yang memutar informasi.
  • Tanda halaman spesifik digunakan sitewide, misalnya skema Organisasi digunakan dengan ulasan di halaman selain halaman utama.
  • Halaman melanggar panduan ulasan, misalnya peringkat tidak berasal dari pelanggan asli; terdapat kesalahan dalam BestRating, WorstRating, dan RatingValue; peringkat kategori ditampilkan pada produk individu, dan sebagainya.
  • Lowongan pekerjaan yang ditandai mewakili informasi yang menyesatkan, dll.

Cara Memperbaiki data terstruktur yang salah;

Google Search Console menunjukkan kesalahan tanda strktur data di bagian Enhancements. Kesalahan ini dapat mempengaruhi tampilan SERP Anda dan menyebabkan kehilangan fitur ini dan menurunnya trafik pengunjung. Oleh karena itu, Perlu adanya perbaikan disisi ini.

Setiap tipe data terstruktur memiliki panduan teknis dan pencarian sendiri, jadi pastikan untuk membacanya dengan hati-hati sebelum menerapkan tanda tersebut.

Bila kesulitan, anda bisa berkonsultasi dengan RMGPage sebagai SEO Specialist tentang panduan Skema markup terbaik untuk informasi lebih rinci.

12. Pop-up Intrusif

Penalti Google pertama untuk iklan yang intrusif muncul dengan update algoritma Page Layout pada tahun 2012. Algoritma ini memberikan sanksi pada situs web karena iklan statis berlebihan di atas fold. Kemudian, algoritma Intrusive Interstitials menambahkan pop-up dan iklan overlay ke dalam daftar praktik desain yang tidak boleh dilakukan.

Penalti diterapkan secara algoritmik saat interstitial yang intrusif muncul pada halaman. Secara umum, Anda akan melihat penurunan dalam impresi dan klik pada penayangan iklan, dan pemulihan setelah Anda menghapus elemen yang mengganggu.

Tips Cara Memperbaikinya;

Pertama-tama, hindari interstitial yang intrusif pada situs Anda. Tetap pada praktik terbaik dalam desain halaman Anda, baik untuk perangkat desktop maupun mobile. Misalnya, tunda pop-up dan tombol interaksi lainnya sampai pengunjung memutuskan untuk pergi.

Selain itu, periksa laporan Page Experience Anda di Google Console Google (semua halaman Anda harus URL yang Baik, idealnya). Dan gunakan WebSite Auditor Powersuite untuk memeriksa semua halaman secara massal dan memastikan bahwa setiap halaman mendapatkan skor tertinggi pada Core Web Vitals masing-masing halaman website anda.

13. Konten yang Salah atau Tidak Pantas

Sebagian besar konten Berita Nasional dan situs Direktori mungkin dikenakan sanksi karena salah informasi dan pelanggaran kebijakan. Ini terutama merujuk pada topik YMYL yang sensitif, yang memerlukan lebih banyak bukti dan akurasi, seperti situs berita, kesehatan, keuangan, dll.

Cara Penyelesaiannya;

Satu-satunya cara untuk memperbaiki masalah konten yang salah informasi adalah dengan menghapus apa yang menyebabkan masalah dan meminta pertimbangan ulang.

Untuk mencegah sanksi penalti google pada situs YMYL Anda, pastikan tidak mempublikasikan:

  • Konten dewasa yang melibatkan konten seksual yang eksplisit, kebiruan, dan apa pun yang bertujuan untuk menyebabkan rangsangan; aturan ini mencakup tidak hanya Berita dan situs direktori bisnis, tetapi juga pencarian organik secara umum.
  • Diskriminasi, terorisme, kekerasan, dan semua hal yang jelas harus dibatasi.
  • Penghinaan, pelecehan, ancaman, dan pemaparan informasi pribadi.
  • Konten medis yang mungkin bertentangan dengan pengetahuan ilmiah.
  • Konten yang salah informasi atau dimanipulasi yang tidak memiliki tanda tangan, tanggal, sumber, dan bahkan kepemilikan.
  • Merubah tanggal publikasi pada halaman YMYL, karena hal ini juga berpotensi terkena penalti google.

14. Hosting Gratis mengandung Spam

Penalti google juga mungkin muncul dengan pemberitahuan bahwa sebuah situs berbagi hosting gratis yang mengandung spam. Meskipun situs tersebut sendiri tidak melakukan kesalahan, namun pemilik hosting mungkin menerima pemberitahuan bahwa layanan hosting gratis tersebut dalam penyalahgunaan oleh pengirim spam pihak ketiga.

Hasilnya, situs akan kehilangan visibilitas, peringkat, dan fitur pencarian. Namun, hosting tersebut masih akan terindeks.

Tips Perbaikan

Pilihlah hosting yang aman.

Di blo ini, saya pernah menulis berupa review rumahweb, cara mendapatkan domain gratis rumahweb penyedia hosting berkualitas di Indonesia.

Selain itu, anda juga bisa mendapatkan domain dan hosting gratis selama 1 tahun melalui jasa pembuatan website dari WBS Agency. Layanan ini cocok bagi anda yang ingin bisnisnya Go Online, semoga bermanfaat.

15. Website / Konten Diretas

Penalti google pada konten yang kena hacking / website diretas, yang penulis maksud adalah beberapa konten atau kode yang ditambahkan ke situs tanpa pengetahuan pemilik karena adanya kebocoran keamanan pada situs web. Akibatnya, situs tersebut mungkin mengandung tautan tersembunyi, redirect licik, halaman yang menipu, dll.

Situs web yang memiliki penalty konten terhack tidak dihapus dari Google, tetapi memiliki peringatan tentang potensi ancaman di samping URL di SERP. Setelah mengklik URL, pengguna akan melihat peringatan layar penuh yang menyatakan bahwa situs tersebut berpotensi berbahaya.

Google akan mengirim pesan ke pemilik situs tentang konten atau website terdampak hacking dari peretas bersama URL yang terpengaruh. Tidak seperti dengan semua penalty manual lainnya, akan tetapi, peringatan google tersebut muncul pada tab Masalah Keamanan.

Selain itu, siapa saja dapat memeriksa status situs tentang konten yang tidak aman dalam Laporan Transparansi Google. Dalam laporan tersebut secara keseluruhan menunjukkan bahwa jumlah peringatan keamanan pencarian telah berubah drastis berkurang dibandingkan lima tahun yang lalu.

Solusi Situs terdampak Penalti Google ini;

Jika situs Anda memiliki peringatan masalah keamanan, pertama-tama Anda harus memindai situs web untuk mendeteksi kerentanan dan menghilangkannya.

Langkah berikutnya untuk meningkatkan keamanan situs web Anda, pertimbangkan tips berikut:

  • Pindai situs web Anda dengan pemindai malware untuk menemukan masalah.
  • Menyiapkan aplikasi atau plugin keamanan situs web dan lakukan pemeriksaan keamanan secara berkala.
  • Tambahkan sertifikat SSL untuk mengamankan koneksi.
  • Temukan dan perbaiki masalah konten campuran (file dengan protokol http dalam URL https).
  • Backup data situs web secara berkala.
  • Lindungi situs Anda dari spam pengguna.
  • Jaga agar CMS dan plugin Anda selalu diperbarui secara waktu.
  • Sembunyikan URL login, minta password yang kuat, dan tambahkan verifikasi dua langkah.

Penutup

Untuk diketahui, bahwasanya Daftar penalti Google yang anda baca di blog ini tidak dimaksudkan untuk menjadi panduan lengkap.

Sebaliknya, ini menunjukkan berbagai jenis masalah yang dapat menyebabkan sanksi google dan bagaimana memperbaiki semuanya.

Oleh karena itu, jika Anda mengalami penalti google, Anda akan tahu apa yang harus dilakukan (tapi saya berharap Anda tidak akan mendapatkan sanksi berat dari Google karena white-hat SEO adalah yang terbaik, kan?)

Semoga bermanfaat!

FAQ Google Penalty

Apa itu Penalti Google?

Penalti Google adalah sanksi yang diterapkan oleh Google pada situs web karena praktik SEO buruk. Ini mengarah pada peringkat organik yang lebih rendah dan visibilitas online atau bahkan penghapusan total halaman situs dari hasil pencarian (atau SERP).

Bagaimana cara mengetahui apakah situs saya dikenakan penalti oleh Google?

Deteksi penalti manual sangat sederhana: periksa kotak Tindakan Manual di Google Search Console. Pada situs web yang sehat, Anda akan melihat pernyataan menyatakan bahwa semuanya baik-baik saja. Untuk mengetahui apakah ada pemberitahuan penalti di masa lalu, Anda dapat memeriksa pesan di bawah ikon bel di sudut kanan atas.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk pulih dari penalti Google?

Pemulihan dari penalti manual tergantung pada setiap kasus tertentu, tingkat kesulitan dan jenis perbaikan yang harus dilakukan. Bisa saja membutuhkan beberapa minggu hingga beberapa bulan untuk sebuah situs untuk pulih.

Apa yang menyebabkan penalti Google?

Penalti Google dapat dikenakan karena beberapa praktik SEO buruk seperti tautan berbayar, keyword stuffing, konten otomatis dan lainnya yang ditambahkan secara sengaja pada halaman untuk memanipulasi peringkat.

Bagaimana cara memulihkan situs dari penalti Google?

Untuk memulihkan situs dari penalti Google, Anda perlu melakukan auditing pada situs dan konten untuk menemukan penyebab dan memperbaikinya. Kemudian, Anda dapat mengajukan permintaan tinjauan penalti pada Google Search Console. Proses ini membutuhkan waktu dan memastikan bahwa permintaan Anda jelas dan menjelaskan langkah-langkah yang telah Anda ambil untuk memperbaikinya.

Editors Team
Daisy Floren
Daisy Floren
Romi Author

What's Your Reaction?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow