5 Cara Marketing Online yang Efektif di Tengah Krisis

5 Cara Marketing Online yang Efektif di Tengah Krisis

Smallest Font
Largest Font

Cara Marketing Online yang Efektif Di tengah-tengah pandemi Covid-19, pelaku bisnis harus menemukan cara baru untuk tetap bertahan. Secara khusus, hal ini menjadi tantangan bagi pemilik bisnis maupun pemasar sebuah produk. Dengan meningkatnya ketidakpastian pada saat ini, tentu penting bagi pengusaha untuk mengambil langkah-langkah dalam memahami keinginan masyarakat dan menemukan peluang yang nyata agar dapat terhubung dengan pelanggan.

Cara Marketing Online yang Efektif

Dalam dunia yang serba cepat dan peningkatan konektivitas yang dramatis, internet dapat dikategorikan sebagai saluran pemasaran yang sangat tepat. Mudah, aman, dan cepat menjadi keunggulan pemasaran melalui internet.

Selama masa pandemi ini, masyarakat memiliki lebih banyak waktu luang di rumah. Himbauan bagi orang-orang untuk tetap di rumah saja selama berminggu-minggu karena virus Covid-19 secara otomatis membuat peningkatan pada penggunaan internet secara drastis.

Konsumen menganggap bahwa transaksi secara online dapat mempermudah mereka dalam berbelanja dan memenuhi kebutuhan. Apabila Anda adalah salah satu pelaku bisnis, Anda harus mampu memperhatikan kondisi ini dan memperkuat pemasaran digital karena terdapat peluang yang lebih tinggi melalui pemasaran secara online.

Berikut Marketing Online yang Efektif di Tengah Krisis

Freepik

Lalu, bagaimana strategi yang dapat diterapkan dalam pemasaran secara online di tengah krisis?

Berikut lima strategi pemasaran produk usah kecil menengah yang dapat Anda dilakukan selama masa krisis.

1. Berikan Dukungan Untuk Mendapatkan Simpati Konsumen

Dalam sebuah bisnis, seorang pebisnis harus memiliki pola pikir bagaimana berjualan secara terus-menerus di tengah masa krisis ini. Namun, Anda juga tidak bisa hanya berfokus dalam berjualan semata. Anda butuh untuk mendapatkan perhatian konsumen sehingga tertarik untuk membeli produk Anda.

Anda dapat menawarkan layanan atau sebuah produk kepada pelanggan yang membutuhkan bantuan, sehingga Anda tidak hanya berfokus pada keuntungan di tengah situasi krisis ini. Strategi ini dapat membantu Anda untuk mendapatkan simpati dari konsumen dan berpotensi meningkatkan jumlah pelanggan.

2. Optimalisasi Aplikasi dan Konten Online

Anda memiliki bisnis dan telah mempunyai aplikasi? Ini adalah potensi besar bagi Anda. Memaksimalkan fitur aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan dapat membantu meningkatkan jumlah konsumen Anda. Salah satu hal penting lainnya adalah konten online yang dibuat dengan mencari topik yang sesuai dengan kondisi sekarang ini.

Sebagai contoh jika Anda memiliki bisnis yang bergerak di bidang Food and Beverage (F&B), Anda dapat membuat fitur khusus yang melaporkan informasi terkini mengenai virus Covid-19 dengan memasukkan konten makanan sehat untuk menjaga kesehatan di tengah pandemi Covid-19.

Baca juga: 7 Tips Jitu Strategi Digital Marketing Efektif 2022

3. Perhatikan Keamanan Produk saat Melakukan Promosi

Di tengah pandemi Covid-19, Anda perlu memberikan perhatian khusus terhadap seluruh promosi maupun penjualan yang hendak ditawarkan. Anda dapat memberikan video kepada pelanggan tentang jaminan dan keamanan produk yang menjadi prioritas Anda.

Hal ini akan dapat membantu pelanggan agar percaya bahwa produk tersebut dapat meminimalkan segala resiko penularan virus Covid-19. Selain itu, strategi ini juga efektif untuk meyakinkan pelanggan Anda dan menghindari kemungkinan munculnya informasi negatif mengenai keamanan produk yang Anda jual. Bagaimanapun, keamanan produk telah menjadi faktor krusial untuk meyakinkan pelanggan di tengah pandemi Covid-19.

4. Gunakan Topik dan Keywords Sesuai dengan Target Konsumen

Di pandemi Covid-19 ini, Anda sebaiknya mengerti produk apa saja yang dibutuhkan oleh pelanggan tetap bertahan. Hal ini dapat Anda ketahui dengan melakukan riset serta memanfaatkan mesin analisis website, seperti Google Analytics. Apabila Anda berhasil menentukan topik dan keywords yang sesuai, maka Anda dapat meningkatkan pelayanan sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Melalui pertimbangan krisis pandemi ini, Anda dapat menarik perhatian konsumen dengan cara memasukkan kata kunci dan visual yang relevan dengan keadaan yang terjadi dalam kampanye pemasaran. Anda juga sebaiknya membuat materi pemasaran dengan memberikan pesan yang bermanfaat agar dapat memikat para pelanggan untuk membeli produk tersebut.

Anda harus menentukan strategi pemasaran yang sesuai di masa sekarang agar produk tersebut laku di pasaran. Namun, pebisnis juga harus memperhatikan budget bisnis agar strategi yang dilakukan relevan dengan kondisi keuangan. Pebisnis dapat mempergunakan software dan akuntansi keuangan berbasis cloud seperti jurnal.

Baca Juga: Cara Membangun Backlink Berkualitas Tinggi Tepat dan Terukur

5. Aktif dan Ramah dengan Konsumen di Media Sosial.

Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa pandemi Covid-19 juga berpengaruh dalam proses transportasi dan logistik. Hal ini berpotensi menyebabkan keterlamatan dalam pengiriman barang. Oleh sebab itu, Anda dapat mensiasati hal tersebut dengan bersikap aktid dan ramah dengan konsumen.

Frepik

Pebisnis yang aktif dan ramah dapat membuat konsumen merasa nyaman dan tetap bertahan pada produk yang Anda tawarkan.

Selain itu, strategi ini juga dapat membantu Anda untuk meningkatkan jumlah pelanggan. Namun, Anda sebaiknya tetap memperhatikan kepuasan pelanggan setia Anda sebelumnya. Pelanggan setia akan lebih dapat mengerti berbagai kendala yang mungkin dapat terjadi selama proses pengiriman produk.

Kesimpulan

Walaupun Anda terus berupaya mendapatkan pelanggan baru lebih banyak lagi, namun jangan pernah lupakan pelanggan setia Anda Selain langkah-langkah diatas, Anda juga butuh untuk memikirkan kembali dengan cermat bagaimana memasarkan produk ketika krisis telah berakhir.

Kehidupan normal pada dasarnya membuat manusia menjadi lebih sibuk, sehingga tetap ada potensi pengurangan konsumen dalam mencari produk secara online.

Meskipun memang selama krisis telah terjadi perubahan gaya hidup, namun kehidupan manusia dapat dikatakan fluktuatif dan dapat berubah ketika ada influencer yang mampu menginspirasi banyak orang. Anda harus dapat beradaptasi dengan kondisi yang berlangsung saat ini untuk menyesuaikan dengan kebutuhan konsumen.

Oleh sebab itu, Anda harus mampu dalam memilih dan memanfaatkan kesempatan cara marketing online yang efektif di tengah krisis ini agar dapat membuat pola pemasaran yang baik.

Pelajari juga 5 Peran SEO dalam Pemasaran Digital tanpa mengeluarkan biasa seperserpun, pemasaran ini hanya membutuhkan ketekunan dan kesabaran untuk mendongkrak penjualan secara organik tanpa promosi melalui iklan berbayar.

Saya sudah punya produk tapi tidak tau cara jualanan atau butuh pendamping dalam pemasaran produk anda?

Tenang, kami WBS Digital marketing Agency memiliki pengalaman dalam optimalisasi pemasaran yang efektif,tentunya revenue yang didapatkan sangat worth it.

Ingin Belajar SEO, Ikuti kelas Training SEO dari SEO Specialist RMGpage, Silahkan menghubungi whatsapp atau melalui kontak yang tersedia di di whiteandblackseo.id

atau Butuh Jasa Digital marketing lainnya? Silahkan Klik laman WBS Digital marketing Indonesia.

Semoga bermanfaat!

Editors Team
Daisy Floren
Daisy Floren
Romi Author

What's Your Reaction?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow